BAB V - ANALISA & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

Februari 13, 2017 0 Comments


A.     Teknik Interview (Wawancara)

Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk lebih mendalami responden secara spesifik yang dapat dilakukan dengan tatap muka ataupun komunikasi menggunakan alat bantu komunikasi. Sugiyono (2013:194) mengemukakan wawancara dapat dilakukan secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Dengan penjelasan sebagai berikut :
Wawancara Terstruktur  digunakan teknik pengumpulan data, bila peneliti atau pengumpul data telah mengetahui dengan pasti tentang informasi apa yang akan diperoleh. Dalam melakukan wawancara, selain membawa instrument sebagai pedoman untuk wawancara, maka pengumpul data juga dapat menggunakan alat bantu seperti tape recorder, gambar, brosur dan material lain yang dapat membantu pelaksanaan wawancara menjadi lancar.
Wawancara tidak terstruktur, adalah wawancara yang bebas dimana peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sistematis dan lengkap untuk pengumpulan datanya. pedoman wawancara yang digunakan hanya berupa garis-garis besar permasalahan yang akan ditanyakan bersifat fakta.

Kelebihan dan kekurangan teknik wawancara
a)      Kelebihan
1.      Flexibility : Pewawancara dapat secara luwes mengajukan pertanyaan sesuai dengan situasi yang dihadapi pada saat itu. Jika dia menginginkan informasi yang mendalam maka dapat melakukan “probing”. Demikian pula jika ingin memperoleh informasi tambahan, maka dia dapat mengajukan pertanyaan tambahan, bahkan jika suatu pertanyaan dianggap kurang tepat ditanyakan pada saat itu, maka dia dapat menundanya.
2.      Nonverbal Behavior : Pewawancara dapat mengobservasi perilaku nonverbal, misalnya rasa suka, tidak suka atau perilaku lainnya pada saat pertanyaan diajukan dan dijawab oleh responden.
3.      Question Order : Pertanyaan dapat diajukan secara berurutan sehingga responden dapat memahami maksud penelitian secara baik, sehingga responden dapat menjawab pertanyaan dengan baik.
4.      respondent alone can answer: Jawaban tidak dibuat oleh orang lain tetapi benar oleh responden yang telah ditetapkan.    
5.      Greater complexity of questionnaire : Kuesioner umumnya berisi pertanyaan yang mudah dijawab oleh responden. Melalui wawancara, dapat ditanyakan hal-hal yang rumit dan mendetail.
6.      Completeness : Pewawancara dapat memperoleh jawaban atas seluruh pertanyaan yang diajukan.

b)     Kelemahan
1.      Mengadakan wawancara dengan individu satu persatu memerlukan banyak waktu dan tenaga dan juga mungkin biaya
2.      Interview Bias : Walau dilakukan secara tatap muka, namun kesalahan bertanya dan kesalahan dalam menafsirkan jawaban, masih bisa terjadi. Sering atribut (jenis kelamin, etnik, status sosial, jabatan, usia, pakaian, penampilan fisik, dsb) responden dan juga pewawancara mempengaruhi jawaban
3.      Keberhasilan wawancara sangat tergantung dari kepandaian pewawancara dalam melakukan hubungan antar manusia (human relation).
4.      Wawancara tidak selalu tepat pada kondisi-kondisi tempat tertentu, misalnya di lokasi-lokasi ribut dan ramai
5.      Sangat tergantung pada kesediaan, kemampuan dan keadaan sementara dari subyek wawancara, yang mungkin menghambat ketelitian hasil wawancara.
6.      Jangkauan responden relatif kecil dan memakan waktu lebih lama dari pada angket dan biaya yang relatif yang lebih mahal.

B.     Teknik Observasi
Observasi sebagai teknik pengumpulan data mempunyai cirri yang spesifik bila dibandingkan dengan teknik yang lain, yaitu wawancara dan kuesioner. Kalau wawancara dan kuesioner selalu berkomunikasi dengan orang, maka observasi tidak terbatas pada orang, tetapi juga pada obyek-obyek alam yang lain. Dari proses pelaksanaan pengumpulan data, observasi dapat dibedakan menjadi participant observation(observasi berperan serta) dan non participant observation.
1.      Observasi Berperan serta (participant observation), dalam observasi ini, peneliti terlibat dengan kegiatan sehari-hari orang yang sedang diamati atau yang digunakan sebagai sumber data penelitian.
2.      Observasi Nonpartisipan, kalau dalam observasi partisipan peneliti terlibat langsung dengan aktivitas orang-orang yang sedang diamati, maka dalam observasi nonpertisipan peneliti tidak terlibat dan hanya sebagai pengamat independen.

Kelebihan dan kekurangan teknik observasi
a)      Kelebihan
1.      Data yang dikumpulkan melalui observasi cenderung mempunyai keandalan yang tinggi. Kadang observasi dilakukan untuk mengecek validitas dari data yang telah diperoleh sebelumnya dari individu-individu.
2.      Dapat melihat langsung apa yang sedang dikerjakan, pekerjaan-pekerjaan yang rumit
3.      Dapat menggambarkan lingkungan fisik dari kegiatan-kegiatan, misalnya tata letak fisik peralatan, penerangan, gangguan suara dan lain-lain.
4.      Dapat mengukur tingkat suatu pekerjaan, dalam hal waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu unit pekerjaaan tertentu.

b)     Kekurangan
1.      Umumnya orang yang diamati merasa terganggu atau tidak nyaman, sehingga akan melakukan pekerjaannya dengan tidak semestinya.
2.      Pekerjaan yang sedang diamati mungkin tidak mewakili suatu tingkat kesulitan pekerjaan tertentu atau kegiatan-kegiatan khusus yang tidak selalu dilakukan atau volume-volume kegiatan tertentu.
3.      Dapat mengganggu proses yang sedang diamati.
4.      Orang yang diamati cenderung melakukan pekerjaannya dengan lebih baik dari biasanya dan sering menutup-nutupi kejelekan-kejelekannya.

C.     Teknik Questioner
Kuesioner (angket) merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.
Menurut saya yang paling baik digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan interview, karena jika kita memilih dengan menggunakan teknik interview, kita bisa menanyakan langsung pertanyaan kepada narasumber jika kita belum memahami mengenai pertanyaan dan bisa menanyakannya lebih rinci lagi, dan jika kita menggunakan teknik interview kita bisa mengetahui sudut pandang dan keakuratan data-datanya, selain itu semuanya mengacu kepada hal-hal konkret yang
Kelebihan dan kekurangan teknik Questioner
a)      Kelebihan
1.      Bila lokasi responden jaraknya cukup jauh, metode pengumpulan data yang paling mudah adalah dengan angket.
2.      Pertanyaan-pertanyan yang sudah disiapkan adalah merupakan waktu yang efisien untuk menjangkau responden dalam jumlah banyak.
3.      Dengan angket akan memberi kesempatan mudah pada responden untuk mendiskusikan dengan temannya apabila menemui pertanyaan yang sukar dijawab.
4.      Dengan angket responden dapat lebih leluasa menjawabnya dimana saja, kapan saja, tanpa terkesan terpaksa.

b)     Kelemahan
1.      Apabila penelitian membutuhkan reaksi yang sifatnya spontan dengan metode ini adalah kurang tepat.
2.      Metode ini kurang fleksibel, kejadiannya hanya terpancang pada pertanyaan yang ada.
3.      Jawaban yang diberikan oleh responden akan terpengaruh oleh keadaan global dari pertanyaan. Sangat mungkin jawaban yang sudah diberikan di atas secara spontan dapat berubah setelah melihat pertanyaan dilain nomor.
4.      Sulit bagi peneliti untuk mengetahui maksud dari apakag sudah responden sudah terjawab atau belum.
5.      Ada kemungkinan terjadi respons yang salah dari responden. Hal ini terjadi karena kurang kejelasan pertanyaan atau karena keragu-raguan responden menjawab.Hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam teknik quisioner.

A.     Apa yang dimaksud dengan Interview Guide serta berikan contoh penggunaannya?
Jawab:
Interview Guide merupakan paduan atau pedoman bagi para peneliti yang ingin mengungkap kondisi psikologis subjek melalui cara tanya jawab dengan tujuan tertentu. Oleh karena itu pembuatan interview guide harus benar agar peneliti mendapatkan apa yang menjadi tujuan penelitian.
Contoh pengunaan Interview Guide dalam wawancara menggunakan pertanyaan terbuka dan tidak sepenuhnya berpedoman pada guide yang telah ada, pertanyaan yang akan diajukan tergantung pada konteks jawaban dari interview nantinya, namun masih dalam batasan pertanyaan yang relevan dengan tujuan wawancara.
Waktu Pelaksanaan
Narasumber
Daftar Pertanyaan
Senin, 28 November 2016
Perpustakaan
Bagaimanakah hubungan petugas perpustakaan dengan pengunjung
Senin, 28 November 2016
Perpustakaan
Bagaimanakah aktivitas pengunjung didalam perpustakaan
Senin, 28 November 2016
Perpustakaan
Sistem Informasi apakah yang digunakan dalam Perpustakaan UMC kampus 1?
Selasa, 29 November 2016
Kabiro Akademik
Apakah Latar belakang pembuatan aplikasi SIMAKU?
Selasa, 29 November 2016
Kabiro Akademik
Apakah SIMAKU bermanfaat untuk membantu pekerjaaan dalam menangani mahasiswa?

B.     Dalam melaksanakan teknik observasi kita perlu merencakan hal-hal yang dibutuhkan dalam observasi tersebut dengan konsep 5W + 1H. Jelaskan!
Jawab:
·         What   : Sistem Informasi apakah yang digunakan dalam Perpustakaan UMC kampus 1?
·         Where  : Dimanakah lokasi Perpustakaan UMC kampus 1?
·         When  : Kapan waktu penelitian dilakukan di Perpustakaan UMC kampus 1?
·         Whom : Obyek penelitian apa yang digunakan oleh Sistem Informasi di Perpustakaan UMC Kampus 1?
·         How   : Bagaimanakah hasil dari Sistem Informasi yang digunakan oleh Perpustakan UMC kampus1?

C.     Jelaskan bentuk-bentuk daftar pertanyaan serta berikan contohnya masing-masing pada divisi:
Sebuah. EDP (Electronic Data Processing)    
b.    Penjualan
c. HRD (Personalia)    
Jawab:
Ada dua macam format dari Questioner, yaitu:
·         Format Bebas : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus diidi oleh responden ditempat ynag sudah disediakan.
·         Format Pasti (check-list kuesioner, ya / tidak kuesioner, pilihan / opini kuesioner)       
·         Format Pasti : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dengan memilih jawaban yang tersedia. Hasil dari daftar pertanyaan tipe ini akan lebih mudah untuk ditabulasi dan diisi oleh responden. Daftar pertanyaan tipe ini mempunyai beberapa bentuk pertanyaan.
1.      Check-off questions             : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai.
2.      Yes/No questions                  : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’.
3.      Opinion/Choice questions     : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.

Daftar Pertanyaan Format Bebas (Free Format Questionnaire) Berisi Dengan Pertanyaan-Pertanyaan Yang Harus Disi Oleh Responden Di Tempat Yang Sudah Disediakan.

Elektronik Pengolahan Data
1. Apa Definisi Dari Elektronik Data Processing ?
2. Tahapan Apa Saja Yang Ada Dalam Elektronik Data Processing ?
Penjualan
1. Dimanakah Elektronik Data Processing Biasa Dijual ?
2. Dalam Penjualan Nya Elektronik Data Processing Diperlukan Sebagai Apa ?

HRD
1. Apakah Sudah Banyak Yang Bisa Menggunakan Elektronik Data Processing ?
2. Apakah Penggunaannya Mudah ?

Format Pasti : Berisi Dengan Pertanyaan-Pertanyaan Yang Jawabannya Sudah Pastidengan Memilih Jawaban Tersedia. Hasil Dari Daftar Pertanyaan Tipe Ini Akan Lebih Mudah Untuk Di Tabulasi Dan Di Isi Oleh Responden. Daftar Pertanyaan Tipe Ini Mempunyai Beberapa Bentuk Pertanyaan.

A.   Check-Off  Questions : Macam Dari Pertanyaan-Pertanyaan Ini Dibuat Sehingga Responden Dapat Memeriksa (Check-Off) Jawaban-Jawaban Yang Sesuai.
Elektronik Pengolahan Data
Sistem Program Apakah Yang Ada Dalam Elekktronik Data Processing?
Utility
Compiler Dan Assembler
Database Management System
OS (Operating System)
......... ..
Penjualan
Dalam Penjualan Menggunakan Bentuk Via Pemasaran Lewat Apakah ?
Situs Web
Bbm
Whatsapp
Facebook
.............
HRD
Siapa Sajakah Yang Bisa Menggunakan Elektronik Data Processing Dalam Suatu Perusahaan ?
   Direktur
   Manajemen
   Karyawan
...............

B  Yes/No Questions : Macam Dari Pertanyaan-Pertanyaan Ini Memungkinkan Responden Untuk Menjawab ‘Ya’ Atau ‘Tidak’.

Elektronik Pengolahan Data
Apakah Dalam Metode Organisasi Dan Pemrosesan Data Pada Elektronik Data Processing Terdapat 2 Cara?
Ya
Tidak ada
Penjualan
Apakah Perusahaan Juga Merupakan Sasaran Penjualan Elektronik Data Processing ?
Ya
Tidak ada

HRD
Apakah Direktur Boleh Menggunakan Elektronik Data Processing Pada Suatu Perusahaan ?
Ya
Tidak ada

C  Opinion/Choice Questions : Macam Dari Pertanyaan-Pertanyaan Ini Memungkinkan Responden Untuk Memberikan Pendapatnya.
Elektonik Data Processing
Apakah Elektonik Data Processing Dalam Perusahaan Anda Melakukan Audit Secara Teliti ?
Sangat Teliti
Cukup Teliti
Kurang Teliti
Penjualan
Apakah Penjualan Via Facebook Mendapatkan Konsumen Yang Banyak ?
   Sangat Banyak
   Cukup Banyak
   Kurang Banyak
HRD
Bagaimana Tanggapan Para Karyawan Tentang Elektronik Data Processing Dalam Membantu Kinerja Mereka ?
 Sangat Membantu
 Cukup Membantu
 Kurang Membantu

D.    Sebutkan definisi dari desain sistem serta sebutkan sumber referensi yang digunakan, serta jelaskan apa perbedaan antara desain sistem secara umum dan secara khusus?Jawab:
Arti Desain Sistem, yaitu:
  1. Tahap setelah analisis sistem dari siklus pengembangan sistem
  2. Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk
  3. Mengkonfigurasi dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem

   Desain sistem secara umum merupakan persiapan dari desain terinci. Desain secara umum mengidentifikasikan komponen-komponen sistem informasi yang akan didesain secara rinci. Desain terinci di maksudkan untuk pemrogram komputer dan ahli teknik lainnya yang akan mengimplementasi sistem. Tahap desain sistem secara umum dilakukan setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan dan hasil analisis disetujui oleh manajemen.Seperti halnya arsitek yang akan membangun rumah tempat tinggal, setelah arsitek selesai melakukan analisis, maka arsitek mulai membuat sketsa secara garis besar kepada calon pemakai rumah.


Unknown

Hal terhebat bukanlah yang selalu menang atau berhasil, tetapi yang mampu bangkit disaat terjatuh.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html